Kemenag: Kearifan Lokal Perkuat Moderasi Beragama

Kemenag: Kearifan Lokal Perkuat Moderasi Beragama

Kearifan lokal memiliki daya dukung yang signifikan dalam memperkuat moderasi beragama. Dalam praktiknya, peran Pendidikan Agama Islam (PAI) turut memberi dukungan yang kontributif.

Dalam kaitan peran penting PAI tersebut, diperlukan instrumentasi pengukuran tingkat keberhasilan implementasi moderasi beragama dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Demikian titik penting pernyataan Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah di Sorong (9/6/2022). Amrullah menambahkan, instrumentasi pengukuran tersebut dapat dilaksanakan pada saat Ujian Sekolah (US) mata pelajaran Pendidikan Agam Islam (PAI). “Ujian sekolah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi alternatif objek ukur seberapa jauh nilai-nilai moderasi beragama tercermin pada soal-soal yang dibuat,” tegasnya.

Dirinya menyampikan pesan penting tentang posisi dan peran strategis PAI tersebut pada saat memberikan pembekalan dalam kegiatan Pembinaan Impelantasi Moderasi Beragama yang dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam se-Indonesia di Sorong, Papua Barat, dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2022.

Menyadari khazanah dan keunikan kearifan lokal Nusantara, Amrullah menekankan pentingnya kondisi tersebut menjadi bagian dari instrumentasi pengukuran dalam US PAI. “Kearifan lokal yang dimiliki setiap daerah yang mengusung nilai-nilai moderasi beragama menjadi bagian yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan pada pengukuran Ujian Sekolah (US) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tersebut,” terangnya.

Sumber: Ditjen Pendis Kemenag

Post a Comment

0 Comments