Ribuan Guru PAI akan Ikuti Training Pelatih Daerah PPKB

Ribuan Guru PAI akan Ikuti Training Pelatih Daerah PPKB

Kementerian Agama akan menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) Pelatih Daerah Program Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) Guru Pendidikan Agama Islam pada 19–28 Desember 2022 secara daring. Sebanyak 3.562 Guru Pendidikan Agama Islam dari seluruh penjuru tanah air akan mengikuti kegiatan ini dengan dukungan Learning Management System (LMS) PPKB PAI yang telah dipersiapkan.

Terkait upaya peningkatan kapasitas dan profesionalisme GPAI melalui ToT ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Mohammad Ali Ramdhani, menilai pentingnya sikap menguatkan kapasitas pada diri Guru PAI. Pada titik ini, sikap diri untuk terus menjadi individu pembelajar mutlak dijalankan dalam upaya peningkatan kapasitas dan profesionalisme.

Kang Dhani, demikian panggilan akrabnya, menilai, para pembelajar adalah pemilik masa depan sesungguhnya. “Dari belajar kita hidup, dan dari hidup kita belajar. Kita paham, berdasar aforisme luhur dan ujaran bijak, bahwa orang yang terpelajar hanyalah pemilik masa lalu, sementara orang yang terus berkehendak untuk belajar adalah pemiliki masa depan,” ungkapnya (17/12).

Dirinya menambahkan, semangat untuk terus belajar menjadi pondasi kuat untuk membangun cara bepikir dan bertindak yang mengedepankan capaian inovatif. "Dalam upaya bangkit dan berupa langkah antisipasi berbagai pelemahan kondisi akibat situasi pandemi Covid-19 dan krisis global, kita perlu bersama menumbuhkan mindset bertumbuh (growth mindset) yang di antaranya mendorong nalar inovatif, kreatif, serta agilitas (kelincahan dalam bertindak) yang tepat," terangnya.

Sumber: Ditjen Pendis Kemenag

Post a Comment

0 Comments